https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Miss Universe Indonesia National Director Poppy Capella akhirnya merilis pernyataan resmi terkait berbagai kontroversi ajang kecantikan tersebut. Salah satu yang dijawabnya adalah masalah tinggi badan pemenang Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole yang tidak memenuhi syarat. Sebelumnya, panitia mewajibkan peserta memiliki tinggi minimal 168cm. Namun tinggi badan Fabienne Nicole disebut-sebut kurang dari 168cm. Diakui Poppy Capella, sebagai pemilik lisensi Miss Universe Indonesia yang baru, telah menghapus aturan tinggi badan bagi para kontestan. Poppy Capella secara tidak langsung membenarkan bahwa tinggi badan Fabienne Nicole berada di bawah standar yang ditetapkan. “Demi menjaga integritas kompetisi lokal kita dan menyambut semua pemenang tingkat provinsi, saya memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum,” tulis Poppy Capella dalam surat yang diposting ke Instagram Miss Universe Indonesia pada Senin, 7 Agustus 2023. di pagi hari.

Poppy Capella menunjukkan bahwa dia telah merevisi peraturan Miss Universe Indonesia untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum di semua tahapan kompetisi. Namun anehnya peraturan baru itu baru diumumkan setelah pengukuhan pemenang Miss Universe Indonesia 2023.

“Perubahan ini bukan sekadar respon atas hasil kegiatan awal di tingkat provinsi, tapi juga cerminan komitmen kami terhadap inklusi baik di tingkat provinsi maupun nasional,” tulisnya.

Pengungkapan Tinggi Badan Awal Kontestan Miss Universe Indonesia Yang Tidak Memenuhi Persyaratan

Sally Giovanny, direktur provinsi Miss Universe Indonesia Bali pertama kali mengungkapkan masalah tinggi badan ini di Instagram story-nya. Dia mengisyaratkan tinggi badan Fabienne Nicole, yang tidak memenuhi persyaratan. Ia juga menandai nama Rizky Ananda Musa, direktur provinsi Jawa Barat.

Keduanya akhirnya membebankan kejanggalan lain dalam penyelenggaraan Miss Universe Indonesia. Salah satunya adalah dugaan Fabienne Nicole tidak pindah dari daerahnya di Jawa Timur, melainkan langsung ke timnas. Pergerakan tersebut diduga karena tinggi badannya yang tidak memenuhi syarat. Poppy Capella membuat dua unggahan dalam bahasa Inggris untuk menanggapi masalah yang menimpa Miss Universe Indonesia. Dalam unggahan pertama, Poppy Capella mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung maupun mengkritik penyelenggaraan Miss Universe Indonesia. Di unggahan kedua, Poppy Capella berbicara tentang persyaratan tinggi badan yang telah dihapus oleh timnya.

Sesaat setelah dua unggahan tersebut diposting di Instagram, netizen langsung membanjiri kolom komentar dengan beragam reaksi. Mereka juga jengkel dengan cara Poppy Capella memberikan penjelasan. “Yang perlu Klarifikasi, tidak TERIMA KASIH. Awalnya perebutan lisensi tanpa rasa hormat, hanya SET SAT SET SAT, tekan sekarang dan beli IG dengan 500k pengikut. Sekarang dimana taringmu?\” tulis @susukmama***. “Ubah aturan setelah melanggarnya aneh banget ya,” tulis @wherethe***. “WOW iklan tinggi badan dihapus setelah penobatan oleh anak laki-laki kalian yang tingginya 150cm bisa bergabung dengan MUID tahun depan sekarang pejen tidak perlu tinggi badan tapi ember” tulis @doladola ** *. “Dengan pernyataan ini, memang benar bahwa Fabienne berada di bawah standar tinggi badan yang ditetapkan,” tulis @tomta***.

Selama ini Poppy Capella hanya menjawab pertanyaan tentang tinggi badan. Terkait dugaan peserta yang difoto bugil di sebuah ruangan yang terdapat dua pria dan isu suap yang diungkap Rizky Ananda Musa yang akan mencapai Rp 5 miliar untuk menaklukan Fabienne Nicole, Poppy Capella tidak mengklarifikasi apapun.

Masalah ini semakin diperparah setelah tiga orang yang menduduki jabatan di organisasi Miss Universe Indonesia 2023 menyatakan mengundurkan diri. Mereka adalah direktur eksekutif Eldwen Wang, direktur visual Rio Motret, dan terakhir direktur kecantikan Sam Wiyono. Penundaan Slam Wiyono diumumkan di laman Instagram pribadinya pada Senin pagi, 7 Agustus 2023.