https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, uang pajak yang dihimpun masyarakat tidak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur. Selain itu, penerimaan pajak negara dikembalikan dalam bentuk manfaat kepada masyarakat. Dia mengingatkan, hingga 98 juta penduduk Indonesia memiliki akses kesehatan gratis atau tanpa pembayaran melalui BPJS Kesehatan, yang merupakan subsidi sosial yang berasal dari pungutan pajak.

“Bukan berarti tidak bayar (untuk mengakses layanan kesehatan), tapi negara yang membayar melalui penerimaan pajak,”

kata Sri Mulyani dalam acara Simpatik Pajak Spektakskuler 2023 di Sarinah, Jakarta pada Minggu, Agustus 2018. 6. . 2023. Tidak hanya digunakan untuk mensubsidi pembayaran kesehatan bagi masyarakat miskin, kata Sri Mulyani, manfaat pajak juga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, seperti elpiji 3kg, biaya bahan bakar listrik (BBM).

“Elpiji 3 kg itu uang pajak, artinya kalian disubsidi. Jika Anda mencoba mengisi daya ponsel Anda, itu semua tagihan listrik Anda di rumah, yang sebagian besar masih disubsidi oleh pemerintah. Jadi tidak hanya dalam bentuk bangunan saja,”

ujarnya. Lebih lanjut, Sri Mulyani meyakinkan bahwa baik Kementerian Keuangan maupun Ditjen Pajak akan terus melakukan pembenahan tata kelola. Dengan demikian pemerintah dapat memberikan kemudahan dalam pengajuan dan pembayaran pajak serta terus memberikan edukasi tentang pentingnya membayar pajak dan manfaat pajak.

“Ada banyak keuntungan pajak. Tapi kita juga tahu bahwa masyarakat pasti akan lebih kritis terhadap kita semua, maka kita juga akan lebih transparan dan terus kita tingkatkan, kita akan terus memberikan edukasi,”

kata Sri Mulyani. Dia juga berjanji, pihaknya tidak akan tebang pilih dalam menertibkan jajarannya yang melakukan kesalahan perpajakan. Meski manusia tidak luput dari kesalahan, Sri Mulyani berjanji tidak akan memberikan kelonggaran atas kesalahan.

“Ini janji kita, Kementerian Keuangan, Ditjen Pajak. Ini ikhtiar kita semua untuk membangun Indonesia tercinta ini, negara kita, bangsa kita hanya bisa besar, hanya bisa maju melalui keringat kita,

” kata Sri Mulyani. “Jadi kita akan terus maju, kita akan terus bekerja sama dan tidak akan pernah lupa untuk berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah membayar pajak dengan baik,” katanya.