https://marqaannews.net/

Marqaannews.net– China dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki budaya makanan yang populer di seluruh dunia. Cukup banyak makanan dari negeri tirai bambu yang populer di kalangan masyarakat dunia, salah satunya adalah susu kedelai. Asal usul susu kedelai tidak bisa mengabaikan kreativitas orang Cina dalam pengolahan tanaman kedelai. Dalam laporan Balitkabi Agriculture, kedelai merupakan tanaman yang ditanam oleh orang Tionghoa. Statusnya sama sakralnya dengan beras, gandum, dan jawawut.

Sebelum menjadi minuman yang menyebar ke seluruh dunia, minuman ini sudah dikonsumsi oleh masyarakat Tionghoa sejak abad ke-2 SM. Menurut sumber lain, susu kedelai juga diproduksi di China dari tahun 1640 hingga awal dinasti Qing dan sering disebut doufujiang.

Susu kedelai dikenal sebagai sumber protein nabati. Kedelai juga mengandung asam amino jenis leusin, berbagai mineral seperti kalsium, besi, kalium dan fosfor. Banyaknya kandungan gizi yang baik pada kedelai membuat tanaman ini banyak diolah menjadi berbagai makanan. Lambat laun produk tersebut banyak diminati dan dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Sebelum Perang Dunia II, susu kedelai banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai makanan bayi. Produk susu kedelai kemudian menyebar ke Jepang dan Asia Tenggara setelah Perang Dunia II. Di Malaysia dan Filipina, produksi susu kedelai telah dikembangkan sejak tahun 1952. Sayangnya, di Indonesia produksi susu kedelai belum berkembang terlalu pesat dan baru mulai berkembang belakangan ini.

Manfaat Meminum Susu Kedelai

Saat ini susu kedelai diyakini sebagai minuman sehat yang cocok untuk mereka yang sedang diet. Kandungan gizinya yang tidak kalah dengan susu menjadikan minuman ini sebagai pengganti susu bagi para vegetarian.

Konsumsi susu kedelai sangat dianjurkan karena kedelai mengandung protein, karbohidrat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Susu kedelai juga mengandung vitamin A, B, C dan E.

Bagi bayi yang memiliki alergi susu sapi, Anda dapat mencoba mengonsumsi susu kedelai. Bagi ibu hamil, susu kedelai juga bisa dikonsumsi karena mengandung kalsium dan protein.

Konsumsi susu kedelai juga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit kronis, seperti penderita penyakit jantung, susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol. Susu kedelai juga baik untuk penderita osteoporosis karena dapat memperkuat tulang.

Nah itu saja Informasi Sejarah SUSU Kedelai yang bisa admin marqaan news berikan semoga informasi ini bermanfaat yahh!