https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Pendaftaran kartu prakerja gelombang 58 telah dibuka. Di bawah ini, Anda akan menemukan informasi tentang lokasi, proses pendaftaran, dan jumlah insentif. Kartu prajabatan gelombang 58 telah dibuka sejak 28 Juli 2023. Pengumuman ini disampaikan melalui akun Instagram resmi prakerja.go.id. “Terbuka Gelombang 58! Klik untuk bergabung sekarang di dasbor kartu akun pra-layanan Anda!” Unggahan akun Instagram prakerja.go.id yang ditemukan marqaanews pada Sabtu (29/7/2023) mengatakan. Untuk dapat mengikuti gelombang yang ke 58 yang dibuka, pengguna harus memiliki akun di situs prakerja.go.id. Jika kamu belum memiliki akun, kamu harus mendaftar melalui laman untuk bisa masuk ke wave yang tersedia. Nah, marqaanews sudah mengumpulkan informasi mengenai situasi dan cara mendaftar kartu prakerja gelombang yang ke 58 sebelum sejauh mana insentif yang akan diterima. Coba lihat!

Persyaratan Daftar Kartu Prakerja

Bagi kamu yang ingin mendafatar sebaiknya simak  apa saja syarat mendaftar kartu prakerja dengan benar. Untuk kamu yang ingin membuat akun pra kerja di gelombang 58 sebagai berikut:

  • Minimal umur 18 tahun sampai 64 tahun
  • Usaha mikro dan kecil
  • Buruh kerja yang di rumahkan
  • Buruh kerja yang membutuhkan bidang kompetensi kerja
  • Pekerja yang terkena PHK
  • Yang sedang mencari pekerjaan
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga
  • Tidak sedang dalam pendidikan formal

Cara Daftar Kartu Prakerja

Berikut langkah-langkah pendaftaran Kartu Prakerja 2023 yang disebutkan di www.prakerja.go.id:

  • Buka website www.prakerja.go.id
  • Pilih menu “Daftar” jika Anda belum memiliki akun. Daftarkan dan isi data pribadi Anda, termasuk nomor identitas Anda.
  • Kewarganegaraan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor ponsel aktif dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi.
  • Jika Anda sudah memiliki akun, pilih “Masuk” dengan email dan kata sandi Anda. Kemudian mengikuti tes dasar motivasi dan kemampuan.
  • Jika gelombang rekaman telah dibuka, klik “Bergabung dengan Gelombang”. Tunggu konfirmasi lebih lanjut atau pengumuman kelulusan setelah penyelenggara selesai melakukan penjurian.
  • Untuk pelamar yang berhasil, mereka akan mendapatkan nomor dan saldo kartu prakerja di dashboard akun mereka. Mereka yang lulus harus memilih pelatihan sesuai dengan minatnya.

Program Kertas Prakerja adalah program beasiswa pelatihan pemerintah untuk meningkatkan keterampilan pekerja di Indonesia. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik (PP) n. 113 Tahun 2022, peserta program Kartu Prakerja 2023 dapat mengikuti pelatihan secara daring atau gabungan (online dan tatap muka). Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan tentang pembukaan gelombang pendaftaran,

Rencana Pelatihan 2023

Berbeda dengan pelatihan yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2023 pelatihan dengan skema reguler akan dilaksanakan di berbagai titik di Indonesia. Mengutip situs resminya, program makalah prakerja semakin meningkatkan kualitas pelatihan pada rezim regular dengan melaksanakan pelatihan tatap muka (offline), blended (online dan offline) dan webinar (online) dengan pelatihan yang minim. durasi 15 jam. Pelatihan kali ini berbeda dengan program sebelumnya yang seluruhnya dilaksanakan secara daring. Implementasi awal Skema Normal akan difokuskan pada 10 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, NTT, dan Papua. Rezim normal 2023 akan fokus pada bidang keterampilan tertentu yang paling dibutuhkan saat ini dan di masa depan menurut studi pasar tenaga kerja di Indonesia’s Critical Occupations List, Indonesian Occupational Tasks and Skills, Economic Forum Study World \”Future Employment Report\” dan penelitian Online tentang prospek lowongan kerja di Indonesia.

Tujuan kartu prakerja

Kartu Prakerja akan tetap berlaku seperti biasa pada tahun 2023 dan akan berlangsung hingga akhir triwulan IV-2022. Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 miliar dengan target 1,5 juta orang. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak dapat mulai melakukan persiapan dan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait berbagai perubahan tersebut, mengingat skema normal akan segera diterapkan pada awal tahun 2023.

Bantuan besar

Terkait penerapan skema normal, kata Airlangga, pada 2023, pemerintah akan menyesuaikan besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per orang, dengan rincian berupa bantuan pelatihan sebesar Rp3,5 juta, setelah insentif pelatihan sebesar Rp 600 ribu untuk diberikan 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk menyelesaikan survei sebanyak dua kali. Jumlah ini berbeda dengan skema kartu prakerja sebelumnya dengan nominal uang tunai lebih banyak diterima oleh peserta prakerja. Sebelumnya, penerima kartu prakerja mendapat Rp 3,55 juta. Detail:

  • Bantuan biaya pelatihan Rp. 1 juta
  • Insentif Pasca Pelatihan 4 x Rp 600.000 atau Rp 2,4 juta
  • Total insentif untuk menyelesaikan survei mencapai Rp 150.000

Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja pada tahun 2023. Program ini akan lebih difokuskan untuk membantu peningkatan keterampilan dan produktivitas tenaga kerja, berupa biaya langsung pelatihan, pendampingan peserta dan insentif pascakerja. berbagai keterampilan. , pelatihan dan peningkatan daur ulang. Nah itu saja Informasi yang bisa admin marqaan news berikan semoga informasi ini bermanfaat yahh!🍁🍁🍁