https://marqaannews.net/

Marqaan News – Gianluigi Buffon akan mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola profesional. Mantan penjaga gawang Juventus dan Italia yang legendaris itu telah menghabiskan dua musim terakhir bermain untuk klub muda Parma di Serie B, membuat 43 penampilan. Dia menandatangani perpanjangan kontrak dengan Parma pada Februari 2022 yang akan membuatnya bertahan hingga musim panas mendatang, tetapi sebagai imbalannya akan segera mengakhiri karirnya selama 28 tahun.

Buffon, 45, memulai karirnya di Parma pada tahun 1995, membuat 220 penampilan sebelum pindah ke Juventus untuk penandatanganan rekor dunia sebagai penjaga gawang. Pria Italia itu menghabiskan 17 tahun di Juventus, memenangkan sembilan gelar Serie A dan tetap bersama klub hingga tersingkir dari Serie B selama skandal Calciopoli pada pertengahan 2000-an.

Buffon bergabung dengan Paris Saint-Germain pada 2018, hanya menghabiskan satu musim bersama tim Prancis dan memenangkan Ligue 1. Dia kemudian kembali ke Juventus pada 2019, bermain sebagai pemain cadangan dengan membuat 29 penampilan selama dua tahun, sebelum kembali ke Parma.

Buffon mengakhiri karir hitam putihnya dengan 685 penampilan, kedua dalam tabel sepanjang masa klub di belakang Alessandro Del Piero. Namun, mereka memegang rekor penampilan Serie A terbanyak (648), waktu terbanyak di Serie A tanpa kebobolan (974 menit) dan gelar liga terbanyak di era Serie A (sejak 1927).

Kiper ini juga bermain untuk timnas Italia antara tahun 1997 hingga 2018 dan merupakan rekor penampilan terbaik untuk negaranya, bermain 176 kali untuk timnas Eropa dan menjuarai Piala Dunia pada tahun 2006.