Marqaannews.net – Luna Maya berperan sebagai Ratu Horor dalam film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon yang akan tayang di bioskop pada Kamis (3/8/2023). Jelang perilisan, artis berusia 39 tahun ini mengungkapkan bagaimana dirinya menggarap Suzzanna untuk kedua kalinya. Salah satunya adalah transformasi Suzzanna menjadi “Ratu Lagu” sejati. “Butuh 4 jam sehari untuk membuat film selama 54 hari,” tulis Luna Maya di akun Instagramnya, Kamis (3/8/2023). Dalam video time-lapse, Luna menunjukkan bahwa tim make up bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik. Bukan hanya bedak, tapi bentuk wajahnya sebenarnya Suzzanna, termasuk alis, bentuk hidung, tulang pipi, bahkan tahi lalat khasnya. Dari video tersebut terlihat Luna mengenakan wig yang mirip tikus dan ikal pada Suzzanna. Setelah riasan selesai, tim kreatif terlebih dahulu menguji tampilan riasan di kamera untuk melihat apakah cocok hingga syuting dilanjutkan. Studio FXDG, penata rias yang mengerjakan tata rias Luna Maya, juga memposting prosesnya secara online. Film Indonesia tentang Suzzanna. Ini adalah film kedua dalam riasan prostetik untuk aktris Luna Maya. Saya ingat suhu stabil di +34 dan kelembaban di 86,” tulisnya dalam deskripsi video. Banyak netizen yang mengomentari hasil riasan Luna Maya saat difoto Suzzana. “Di luar penata rias, pasti ada banyak usaha dalam filmnya,” tulis netizen. Yang lain melanjutkan: “Koleksi saya sangat menantikannya.

“Hanya make up 4 jam, tanpa make up, nggak kebayang capeknya dia,” sahut yang lain.

Luna Maya Sewa Vocal Coach

Bukan hanya soal makeup, tentu saja gerak dan aksi Luna Maya diperhatikan. Karena itu, Luna mengaku menonton film Suzzanna untuk lebih memahami gaya film horor Indonesia. Namun ternyata itu belum cukup, Luna sering mengikuti audisi dan bekerja sama dengan seorang voice coach. Tujuannya untuk memahami keunikan selera humor Suzzanna saat memainkan sundel bolong. “Ada pelatih suaranya juga, jadi kita nonton film Suzzanna bareng, kita rekam ketawanya,” kata Luna Maya seperti dilansir Antara.

Senyuman Suzzanna bukanlah senyuman biasa. Luna Maya mengaku berusaha keras untuk menciptakan kembali senyuman yang ternyata memiliki banyak perbedaan. Seperti tertawa terbahak-bahak, marah dan marah. Butuh waktu lama selama situasi lucu.

Bahkan, Luna Maya mengalami sakit tenggorokan akibat tertawa yang harus dilakukannya berulang kali. Meski sebelumnya ia berperan sebagai Suzzanna di film 2018 Suzzanna: Breathing in a Grave, film ini menghadirkan tantangan baru baginya.

“Beda karakter ya. Jadi baru, saya bekerja keras,” kata Luna.

Gerakan Bibir Mirip Suzzanna

Tak hanya lucu, pacar Ariel Noah ini juga perlu memperhatikan gerak-geriknya agar semirip mungkin dengan Suzzanna, mulai dari nada suara dan pengucapan hingga gesturnya. Dalam film ini, ia juga harus melawan rasa takut akan ular. Pasalnya, penggunaan kecoa dalam film tersebut kemudian diubah menjadi film kartun. Produser film Sunil Soraya mengungkapkan penggunaan kecoak di salah satu adegan menyulitkan kru karena proses pembersihannya tidak mudah. Oleh karena itu, para produsen sepakat menggantinya dengan ular karena lebih mudah dibersihkan daripada kecoa. “Karakter pertama adalah ayam jantan. Namun, harusnya situasi minor, butuh waktu dua hari untuk syuting (karena ular itu),” kata Luna.

Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon akan tayang di bioskop Indonesia mulai Kamis (3/8/2023). Selain Luna Maya, penonton juga dibintangi oleh Achmad Megantara, Tyo Pakusadewo, Selly Marcelina dan lainnya.

Minim Gunakan CGI

Dalam jumpa pers tersebut, sutradara Guntur Soeharjanto mengatakan bahwa dalam film ini mereka lebih sedikit menggunakan CGI. Oleh karena itu, sebagian besar karya seni dan benda keras dibuat oleh para aktornya sendiri

Hal tersebut membuat Luna Maya semakin berenergi saat syuting banyak adegan. Karena adegan terbalik yang terlihat di film tidak memotong trailernya.

“Terima kasih, saya suka pilates dan yoga, perut saya kuat. Karena dalam posisi ini, saya sebenarnya sedang digendong, kaki saya di atas badan saya di bawah. Bener-bener bungkuk, untungnya saya rutin olahraga jadi bisa atasi,” kata Luna. Ditanya pengalaman seram saat syuting, Luna Maya membagikan momen misterius. “Lucu, aku benar-benar tertawa. Tentu saja, saya membawanya dan Megan ke hutan pinus. Jadi saya memikirkannya, lalu saya seperti ‘Apakah dia bercanda?’. Lalu, ketika saya melihat anak laki-laki yang bersuara, dia berkata ‘kok suaranya mirip Suzzanna? Apakah Suzanna tertawa? Nggak ada sense of humornya ya?” Seperti suara Suzzanna saat ketakutan, haha, itu Kunti banget,” kata Luna Maya.