https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi pernyataan Wakil Direktur Pekerjaan Umum Kartika Wirjoatmodjo yang menyebut kereta api LRT Jabodebek yang menghubungkan Jalan Gatot Subroto dan Kuningan tidak aman.

Menurut Jokowi, proyek LRT ini merupakan yang pertama dibangun di Indonesia sehingga sering terjadi kesalahan. “LRT ini baru pertama kali kita kerjakan. Oleh karena itu, kalau ada yang harus diperbaiki, ada yang diperiksa, ada yang harus diperbaiki akan kita perbaiki,” kata Jokowi saat menjajal LRT Jabodebek. Kamis, 3 Agustus 2023. Jokowi juga mengimbau masyarakat untuk tidak mencari-cari kesalahan proyek tersebut dan mengecamnya.

“Jangan hanya mencari kesalahan. Karena akan ada kesalahan, karena baru pertama kali,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengatakan LRT Jabodebek yang merupakan produk nasional dibangun. “Ini produksi INKA, pembangunannya kita sendiri, semua dikerjakan sendiri. Jadi, kalau ada kekurangan kita maklumi, dan kita perbaiki,” kata Jokowi. “Tidak, semua sudah direncanakan, semua sudah diperhitungkan, tapi di lapangan kadang bisa ada perubahan, saya kira biasa saja,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Presiden BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan penataan jarak jauh Jabodebek berbelok tajam menyebabkan kereta melambat. Jika pelebaran jembatan ditekuk, KA LRT Jabodebek bisa terus melaju dengan kecepatan tinggi.

Jembatan LRT dibangun di permukaan atas Jalan Dalam Kota dan membentang sepanjang 148 meter. LRT Longspan memiliki radius 115 meter dan menggunakan beton seberat 9.688,8 ton. Karena panjang dan desainnya yang presisi, sistem LRT mendapat pujian.