https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Pejabat dari 40 negara termasuk Amerika Serikat, China dan India bergabung dalam pembicaraan di Arab Saudi pada Sabtu, 5 Agustus 2023, di mana mereka berharap Kyiv dan anggotanya akan mengarah pada kesepakatan tentang prinsip-prinsip menuju perdamaian. mengakhiri perang Rusia-Ukraina.

Pertemuan dua hari itu merupakan bagian dari dorongan politik Ukraina yang lebih luas untuk membangun lebih banyak dukungan bagi Barat dengan menjangkau negara selatan itu dalam konflik yang telah menghancurkan ekonomi dunia. Tidak diketahui apakah diskusi tersebut bertujuan untuk mengeluarkan pernyataan bersama, perwakilan Ukraina pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa diskusi tersebut akan “sulit”.

“Tapi di belakang kami adalah kebenaran, di belakang kami – itu bagus,” kata Menteri Andriy Yermak, Kepala Staf dan Presiden Volodymyr Zelensky, dalam wawancara televisi yang diterbitkan Jumat malam, 4 Agustus 2023. Rusia tidak hadir, meskipun Kremlin mengatakan akan mengawasi pembicaraan tersebut. Pejabat Ukraina, Rusia, dan internasional mengatakan bahwa tidak ada prospek pembicaraan damai langsung antara Ukraina dan Rusia saat ini karena perang berlanjut. Zelensky mengatakan dia berharap pembicaraan itu akan mengarah pada pertemuan damai para pemimpin dunia untuk menyepakati prinsip-prinsip rencana pemukimannya, yang meminta Rusia mengembalikan semua wilayah Ukraina dan menarik semua pasukannya.

Pengekspor minyak terbesar dunia, Arab Saudi, yang telah mempertahankan hubungan dekat dengan kedua belah pihak sejak invasi Rusia ke Ukraina Februari lalu, berperan dalam mengadakan pertemuan negara-negara nonblok, pertemuan sebelumnya, menurut perwakilan Barat. China, yang tidak berpartisipasi dalam pembicaraan sebelumnya di Kopenhagen, telah mengirimkan perwakilan khusus untuk urusan Eurasia Li Hui, Beijing mengumumkan pada hari Sabtu. China telah mempertahankan hubungan ekonomi dan diplomatik yang erat dengan Rusia sejak awal konflik dan menolak seruan untuk mengkritik Moskow. “Kami memiliki banyak pendapat yang berbeda dan kami telah mendengar situasi yang berbeda, tetapi yang penting nilai-nilai kami sama,” katanya.

Penasihat Keamanan Nasional India Shri Ajit Doval juga datang ke Jeddah untuk pembicaraan tersebut, Kedutaan Besar India di Riyadh mengumumkan di media sosial pada hari Sabtu. Seperti Cina, India mempertahankan hubungan dekat dengan Rusia dan menolak mengkritiknya dalam perang. Negara ini telah meningkatkan impor minyak Rusia.