https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menemui Elon Musk, orang kaya nomor satu saat ini, untuk bekerja meningkatkan pelayanan puskesmas. Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan pemerintah Indonesia dapat menjalin kerjasama dengan Starlink, jaringan internet milik Elon Musk. Menurut Budi Gunadi Sadikin, kerjasama ini diharapkan dapat membantu puskesmas terpencil yang masuk kategori 3T: tertinggal, perbatasan, terluar. “Ini adalah komitmen kami untuk memastikan layanan kesehatan yang adil dan merata di negara ini. Puskesmas di garda terdepan membangun masyarakat sehat harus memastikan infrastruktur yang memadai,” kata Budi dalam keterangannya, Minggu, 6 Juni 2023.

Dari 10.000 puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia, 2.000 dari 11.000 peserta tidak memiliki akses internet. Akses internet dapat membantu Anda menjangkau orang-orang yang membutuhkan layanan kesehatan. Selain itu, dapat digunakan untuk mendukung komunikasi lintas wilayah untuk digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia. “Dengan akses internet, konsultasi layanan kesehatan bisa dilakukan secara online. Anda juga dapat meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan melalui pembelajaran jarak jauh,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Ke depannya, Starlink diharapkan dapat berperan sebagai jaringan internet yang handal bagi puskesmas. Starlink, dikembangkan oleh Elon Musk, adalah bagian dari perusahaan swasta Spaceflight, SpaceX, untuk menyediakan Internet murah ke lokasi terpencil. Starlink adalah satelit pertama dan terbesar di dunia dengan konstelasi yang menggunakan orbit Bumi rendah untuk menghadirkan Internet broadband yang dapat mendukung bisnis online. Saat ini, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan Starlink sudah menyebar ke berbagai negara. Di antaranya adalah Filipina, Rwanda, Mozambik, dan Nigeria.