https://marqaannews.net/

Marqaannews.net – Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Republik Indonesia atau MURI tahun 2022. Penghargaan tersebut diberikan berkat program nasional pengibaran 10 juta bendera merah putih dalam rangka perayaan Hari Raya Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Indonesia disebut-sebut sebagai satu-satunya negara di dunia yang membagikan jutaan bendera nasional kepada warganya. Total pendistribusian mencapai 12.070.565 bendera merah putih yang disalurkan dalam 1 bulan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan rasa cinta tanah air. Penghargaan tersebut diberikan pada 5 September 2022.

“Jadi mayoritas di satu negara dari 200 negara di dunia sudah membagikan bendera kepada warganya atau saling berbagi lebih dari 10 juta orang satu sama lain, ini baru Indonesia dalam sejarah dunia,” kata Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar di kota Sorong. , Papua Barat Daya, Selasa, 1 Agustus 2023.

Tahun ini juga pemerintah mencanangkan program pengibaran 10 juta bendera merah putih. Namun sedikit berbeda, tidak hanya sekedar membagikan, pemerintah telah mengumumkan bahwa seluruh warga akan memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing. Tujuannya adalah untuk mengibarkan 32 juta bendera di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Kemendagri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi.

Dikutip dari sippn.menpan.go.id, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar menjelaskan, pembagian 10 juta bendera merah putih tersebut merupakan gerakan swadaya, gerakan bersama atau gerakan gotong royong. Kegiatan ini, kata dia, bertujuan untuk menjaga kecintaan warga terhadap simbol negara. Salah satunya adalah bendera merah putih. Pihaknya mengingatkan agar semangat perayaan kemerdekaan Indonesia tidak luntur.

“Jangan sampai semarak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia memudar dari tahun ke tahun. Semakin cinta warga negara terhadap lambang negara, semakin kuat ikatan antara warga negara dengan negara,” kata Bahtiar, Minggu, 6 Agustus 2023.

Bahtiar mengatakan, membagikan 10 juta bendera merah putih sepertinya langkah yang mudah. Namun menurutnya, kegiatan ini memiliki makna yang cukup dalam. Keberlangsungan suatu negara bergantung pada kecintaan warganya terhadap negaranya. Untuk itu, harus ada alat untuk memilih cinta itu. Melalui program pembagian 10 juta bendera dan pengibaran 32 juta bendera rojiblancas. “Ini soal selera, harus dijaga, harus ada alat untuk menjaga kecintaan warga negara terhadap tanah air,” kata Bahtiar.